Retret merupakan kegiatan wajib setiap angkatan tahun terakhir di setiap sekolah, termasuk Sinlui. Kegiatan ini dilaksanakan di awal tahun. Retret ini bertempat di Griya Samadi Vincentius (GSV), Pacet. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari. Peserta retret dilarang membawa alat elektronik, buku, dan mainan lainnya dengan tujuan untuk lebih fokus pada tujuan retret. Tiap dua kelas diberangkatkan, tetapi berbeda spot dan pengajarnya. Dengan itu, retret akan lebih efektif dan efisien.

Hari pertama retret lebih banyak games dan lebih ke arah pengenalan. Hari pertama, peserta diajak untuk menyampaikan harapan dan apa yang ia syukuri sepanjang hidup. Sejak malam pertama, peserta dipersiapkan untuk ke jenjang lebih serius pada hari kedua. Di sana, para peserta banyak berefleksi dan juga mengompakkan kelas. Peserta juga diminta menulis surat cinta untuk semua anak di kelas. Hari ketiga, kembali santai dengan sesi-sesi. Tidak diragukan lagi, setelah pulang retret, testimoni dari kakak kelas dan kelas lain yang telah mengikuti retret adalah kelas menjadi kompak dan mau saling bantu. Hal inilah yang akan membuat kita kangen masa-masa SMA.

Selain mengompakkan kelas dan bertobat, retret ini mengajak peserta untuk hidup dalam kesederhanaan. Walaupun, ada beberapa anak yang tidak bisa hidup sederhana, dalam retret ini mereka dipaksa, diajarkan bagaimana hidup sederhana. Kehidupan menggereja turut diasah dalam retret ini. Sebagai contoh, perhatikan foto berikut.

Categories: Event 2019

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *